Top 5 Manga Romance

Top 5 Manga Romance

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang manga bergenre romance. Genre romance memang selalu jadi yang paling banyak diminati oleh sebagian besar kaum hawa karena ceritanya yang ringan dan bikin baper. Tidak hanya manga, manhwa dan manhua pun kini sudah banyak yang bergenre romance. Dengan begitu banyaknya manga jenis ini, sulit untuk menentukan 5 diantaranya untuk dibahas disini. Tapi, dengan susah payah, lahirlah daftar 5 top manga romance di bawah ini.

5. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile

Manga yang ditulis oleh Ninomiya Tomoko-sensei ini pertama kali diterbitkan oleh Kodansha di tahun 2001 dalam majalah bulanan KISS. Manga ini menceritakan tentang putra seorang pianis terkenal, Chiaki Shinichi yang bercita-cita menjadi konduktor. Sayangnya, dia tidak bisa mewujudkan mimpinya itu karena dia trauma naik pesawat terbang. Chiaki merasa kesal saat melihat teman sekelasnya berhasil menjadi konduktor setelah belajar di luar negeri. Lalu suatu hari dia bertemu dengan mahasiswi di kampusnya, Noda Megumi yang juga dikenal dengan julukan Nodame. Gadis aneh itu sama sekali tidak bisa membaca skor musik tapi entah bagaimana dia bisa memainkan piano dalam gaya Cantabile. Nodame mengingatkan Chiaki tentang sesuatu yang sudah lama dilupakannya yakni untuk menikmati musik dimanapun dia berada. Nodame Cantabile ini telah diadaptasikan dalam anime dan juga drama live-action. Manga ini juga sempat memenangkan penghargaan Kodansha Manga Award untuk kategori Shoujo di tahun 2004 lho.

4. Glass no Kamen

Glass no Kamen

Glass no Kamen adalah manga lawas yang diterbitkan di tahun 1976 di majalah dwi-mingguan Hana to Yume. Di Indonesia, Glass no Kamen ini diterjemahkan menjadi komik berjudul Topeng Kaca yang mulai terbit pada tahun 1998. Para peminat komik dalam negeri mungkin pernah mendengar judul Topeng Kaca karena komik ini memang sempat laris di pasaran. Manga karya Miuchi Suzue ini mengisahkan tentang dua orang aktris berbakat, Kitajima Maya dan Himekawa Ayumi yang saling bersaing untuk mendapatkan peran sebagai aktris utama dalam pertunjukan akbar yang dinantikan banyak orang, Bidadari Merah. Manga ini juga menceritakan kisah cinta segitiga antara Maya, Masumi dan Koji.

3. 7 Seeds

Manga 7 Seeds ini berbeda dari manga romance biasa. Dengan latar belakang situasi paska-kiamat, manga ini menceritakan tentang kehidupan beberapa pria dan wanita muda setelah bumi dihantam meteor yang memusnahkan semua makhluk hidup di Bumi. Sebelum ‘kiamat’ ini terjadi, pemerintah Jepang telah memilih beberapa partisipan muda dan sehat untuk menjalani pengawetan krionik. Mereka membuat beberapa kelompok dan menempatkan setiap kelompok di area yang berjauhan satu sama lain. Setiap kelompok terdiri atas tujuh orang yang dipersiapkan untuk bertahan hidup di dunia yang baru. Tokoh utama manga ini adalah Natsu Iwashimizu dan Arashi Aota yang harus belajar bertahan hidup meski mereka telah kehilangan semua orang yang pernah mereka kasihi. Manga ini sangat unik karena juga mengusung tema sci-fi yang tidak umum ditemui pada masa itu. Manga ini pernah memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Award untuk kategori Shoujo di tahun 2007.

2. Skip Beat!

Skip Beat!

Beberapa orang mungkin pernah mendengar manga yang satu ini. Manga karya Nakamura Yoshiki-sensei ini diterbitkan di tahun 2002. Dengan banyak bumbu komedi, manga ini sangat menarik untuk dibaca. Mogami Kyouko sangat menyukai Fuwa ‘Shou’ Shoutaro dan akan melakukan apa saja untuknya. Dia mengikuti Shou ke Tokyo dan bekerja keras membanting tulang untuk membuat Shou tidak pernah merasa kecewa padanya. Tapi, suatu hari Kyouko mendengar sendiri pengakuan Shou yang membawanya ke Tokyo sebagai pelayan. Terkejut dan marah, Kyouko bersumpah bahwa dia akan membalas dendam dengan jalan menjadi lebih terkenal daripada Shou di dunia hiburan. Dengan penampilan dan sikap yang baru, dia bergabung dengan LME, agensi yang menaungi aktor serba bisa Tsuruga Ren – rival Shou. Dalam perjuangannya untuk menjadi lebih terkenal, dia berhasil mendapatkan teman baru dan menemukan bakatnya yang terpendam. Manga ini sudah diadaptasikan dalam anime dan juga film seri. 

1. Otoyomegatari

Otoyomegatari

Manga Otoyomegatari ini memiliki latar belakang sebuah desa terpencil di dekat Laut Kaspian selama abad ke-19. Manga yang bisa diartikan sebagai A Bride’s Story ini mengisahkan tentang Amir Halgal, seorang wanita muda yang berasal dari desa yang jauh untuk menikahi Karluk Eihon, seorang pemuda yang lebih muda darinya. Manga ini mengikuti kisah perjalanan cinta mereka, serta beberapa wanita lain bersama kekasih dan suami mereka. Manga ini sangat detil dalam menggambarkan kehidupan para karakter dan setting masa itu. Manga karya Mori Kaoru-sensei ini telah mendapatkan beberapa penghargaan. Diantaranya adalah dinominasikan untuk penghargaan Manga Taishou ke-4 dan ke-6, memenangkan penghargaan Manga Taishou ke-7 di tahun 2014 dan penghargaan Intergenerations di Angouleme International Comics Festival pada tahun 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *